Saturday, March 24, 2012

Cara mengatasi serangan serangga tomcat

frez7 blog- serangan serangga tomcat sekarang lagi banyak diperbincangkan dikalangan masyarakat indonesia setelah sebelumnaya serangan serangga ulat bulu yang meresahkan warga. 
serangga tomcat (paederus fuscipes ) ini diberi nama tomcat karena bentuknya yang menyerupai pesawat tomcat F-14.
tomcat serangga yang ditakuti oleh saat ini disebabkan gigitan nya yang berbahaya, warga jawa timur misalnya mereka ketakutan karena serangga ini sudah menyebar keberbagai daerah di jawa timur khususnya di surabaya karena sudah ada warga yang menjadi korban gigitan serangga tomcat.

Ciri-ciri dari serangga yang biasa di sebut tomcat ini adalah :Memiliki kepala warna hitam, dada dan perutnya berwarna oranye, dan sayap kebiruan. Warna mencolok yang dimiliki serangga ini berfungsi sebagai peringatan bagi predatornya bahwa serangga yang satu ini punya racun. Ukuran dari tomcat itu sendiri yakni 7-10cm.tomcat akan mengeluarkan racun ketika menggigit racun akan menyebabkan rasa panas dan kulit melepuh layaknya luka bakar. jika anda tergigit sebaiknya anda lakukan tips dibawah ini supaya efek gigitan nya tidak parah.


  1.  cucilah tempat yang digigit oleh serangga tomcat dengan menggunakan sabun, hal ini dilakukan karena sabun dapat menetralkan racun yang disebabkan gigitan tomcat
  2. setelah di cuci kompreslah bekas gigitan tomcat dengan air dingin
  3. jika mulai terlihat ruam di tempat gigitan tomcat anda dapat menggunakan lidah buaya. ini dimaksudkan untuk mengurangi gejala pada daerah yang tersengat.
anda harus hati-hati terhadap serangga ini tetapi anda tidak peru gusar. dengan menerapkan cara hidup yang sehat anda juga bisa memperkeci kemungkinan serangga ini masuk kedalam rumah anda.usahakan jika anda tergigit jangan memukulnya karena dapat menyebabkan racun cepat masuk kekulit anda. anda cukup menyentil nya saja.nah.. bagaimana tips saya semoga berguna dan bermanfaat..


0 comments:

Post a Comment