Monday, March 19, 2012

Apakah Batu besar dalam hidup anda

suatu hari seorang dosen memberikan kuliah tentangmanajemen waktu pada para mahasiswanya. dengan penuh semangat, dia berdiri didepan kelas dan berkata "sekarang waktunya untuk kuis". kemudian dia mengeluarkan ember kosong dan meletakan nya diatas meja. kemudian dia mengisi ember tersebut dengan batu sebesar kepalan tangan. dia terus mengisi hingga tidak ada lagi batu yang cukup dimasukan ke ember lalu ia bertanya "menurut kalian apakah ember ini sudah penuh ? "
semua mahasiswa serenmpak menjawab "iya !"
dosen itu bertanya kembali '' apakah demikian ? " kemudian dari dalam meja, ia mengeluarkan sekantong kecil kerikil kecil, dia menuangkan kerikil itu di dalam ember kemudian mengocok-ngocok ember sehingga turun kebawah mengisi celah-celah kosong diantara batu-batu besar itu. kemudian dia sekali lagi bertanya "apakah embernya sudah penuh ?"
kali ini semua mahasiswa terdiam dan ada seorang mahasiswa menjawab "mungkin belum"
"bagus sekali" jawab dosen itu. kemudian dia mengeluarkan sekantong pasir kemudian menumpahkan nya didalam ember. pasir itu berjatuhan mengisi celah celah kosong antara batu besar dan kerikil. sekali lagi sang dosen bertanya "baiklah, apakah ember ini sudah penuh ?"

"belum!!" sahut seluruh mahasiswa didalam kelas "bagus sekali" puji sang dosen. kemudian ia pun meraih sebotol minuman dan menuangkan airnya ke ember. kemudian ia bertanya kembali "apakah kalian tahu apa maksud ilustrasi ini ?".
seorang mahasiswa dengan semangat mengacungkan jempol dan menjawab "maksudnya adalah, tak perduli sebarapa padat jadwal kita, bila kita mau berusaha sekuat tenaga pasti akan bisa mengerjakan nya".
"jawaban yang bagus, tetapi lebih tepatnya kenyataan dari ilustrasi ersebut mengajarkan bahwa bila kita tidak memasukan batu besar terlebih dahulu maka tidak akan bisa memasukan semuanya."
"apa yang dimaksud batu besar dalam hidup anda ? keluarga anda, pendidikan anda, atau hal-hal yang penting dalam hidup anda, mengajarkan sesuatu pada orang lain, melakukan pekerjaan yang anda sukai, waktu untuk diri sendiri, kesehatan anda, teman anda, atau semua yang berharga bagi anda.
ingatlah untuk selalu memasukan "batu besar" pertama kali atau kehidupan anda akan kehilangan seuanya.,
jika anda mengisinya dengan hal-hal kecil (semacam kerikil dan pasir) maka hidup anda akan penuh dengan hal-hal kecil yang merisaukan dan ini mestinya tidak perlu. karena dengan demikian, anda tidak akan memiliki waktu yang sesungguhnya untuk melakukan hal-hal yang  besar dan penting
oleh karena itu, tanyakan setiap pagi atau malam pada diri anda sendiri "apakah batu besar dalam hidup saya ?" lalu kerjakan hal itu pertama kali.

sumber : Lks hayati tumbuh subur

0 comments:

Post a Comment