Monday, March 19, 2012

Tumbuhan dan hewan maskot kalimantan barat

Kalimantan barat mempunyai banyak sekali kekayaan alam baik tumbuhan maupun hewan, hutan yang masih luas dan masih terawat menjadikan kalimantan barat sebagai tempat tumbuhnya tanaman yang langka maupun yang sering di temui tapi pada postingan kali ini saya akan membahas tentang tumbuhan dan hewan yang menjadi maskot kalimantan barat, baiklah kita ke tanaman maskot kalimantan barat terlebih dahulu.
TENGKAWANG
tanaman tengkawang (shorea) adalah tanaman yang mempunyai kandungan minyak yang sanggat tinggi. dulunya banyak terdapat dihutan kalimantan barat tetapi sekarang sudah susah ditemukan karena banyak nya penebangan liar yang menjadikan kayu tengkawang sebagai sasaran empuk karena kayu nya yang baik dan berkwalitas.
Buah tengkawang
tanaman tengkawang tidak berbuah musiman, tanaman ini juga bisa tidak berbuah selama 1 tahun memang tanaman ini jarang sekali berbuah ada yang bilang kalau tanaman tengkawang berbuah 7 tahun sekali wahhh... fenomena yang langka rugi untuk dilewatkan, jika tengkawang berbuah mereka akan menghasilkan buah yang berlimpah yang biasanya tengkawang selalu berbuah dan berbunga serempak. buah tengkawang sanggat mahal oleh karena itu banyak penduduk kalimantan barat yang memburu buah nya. buah tengkawang harus di ambil setelah terjatuh dari pohon nya karena jika tidak maka tanaman ini dalam 1 hari saja dalam suhu yang lembab dapat menumbuhkan kecambah nya, biasanya warga kalimantan barat berebut mencari buah tengkawang ini, berat perbuah tidak mencapai 0,5 kg kecuali jenis tengkawang raksasa, penduduk kalimantan barat selalu mendirikan dangau (rumah sementara atau dapat dikatakan gudang) untuk menyimpan hasil pencarian mereka didalam dangau ini kulit buah tengkawang di lepas dan di belah menjadi 2 bagian kemudian di salai atau di asapi di atas asap. tangkawang biasanya digunakan untuk bahan baku pembuatan minyak,lilin,sabun,margarin,pelumas dan bahan-bahan kosmetik. tanaman tengkawang tidak berbuah lagi bila umurnya sudah tua dan biasanya ditebang untuk diambil kayunya. pembuatan minyak tengkawang dengan cara mengasapi tengkawang sampai benar-benar kering kemudian di tumbuk dan diambil minyak nya.

sebanyak 12 tanaman tengkawang sudah dilindungi oleh peraturan pemerintah republik indonesia no. 7 tahun 1999 karena akan di khawatirkan tanaman ini bisa punah jika terus menerus ditebang dan tidak ditanam
kembali, jika anda berkunjung di saat panen raya tengkawang anda pasti akan ketagihan mengejar-ngejar tangkawang karena kita akan berlomba-lomba dengan warga lain yang ramai dan seru. biasanya anak-anak yang rajin mencari tangkawang ini.

nah sekarang kita beralih ke fauna maskot kalimantan barat silahkan baca lterus dibawah
burung enggang gading
 

enggang gading (buceros vigil) adalah hewan yang menjadi maskot kalimantan barat yang sekarang sudah hampir terancam punah dan sekarang pemerintan mengeluarkan undang-undang untuk melindungi enggang gading ini. Dalam budaya Kalimantan, burung Enggang Gading (tingan) merupakan simbol "Alam Atas" yaitu alam kedewataan yang bersifat "maskulin". Di pulau kalimantan, burung Enggang Gading dipakai sebagai lambang daerah atau simbol organisasi seperti di lambang negeri sarawak, lambang provinsi kalimantan barat, simbol universitas lambung mangkurat dan sebagainya. Burung Enggang Gading diwujudkan dalam bentuk ukiran pada Budaya Dayak, sedangkan dalam budaya Banjar, burung Enggang Gading diukir dalam bentuk tersamar (didistilir) karena budaya banjar tumbuh di bawah pengaruh agama islam yang melarang adanya ukiran makhluk bernyawa. Enggang Gading juga merupakan simbol budaya suku Naga di India timur. dikalimantan barat biasanya ekor enggang gading dibuat aksesoris yang akan melengkapi pakayan adat suku dayak kalimantan barat.
bagaimana artikel saya kali ini ? menarik bukan maka dari itu saya mengundang anda jangan bosan-bosan mampir di blog saya, atau berlanganan rss saya jika anda tidak sempat atau lupa alamat blog saya.
 

visit west borneo

0 comments:

Post a Comment