Tuesday, April 3, 2012

Tradisi tahun baru padi suku dayak



Biasanya kegiatan tahun baru padi dilakukan setelah memanen padi yang diladang, kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan masyarakat suku dayak. tradisi ini bukannya tahun baru pergantian tahun tetapi acara ucapan syukur atas hasil panen yang melimpah dari suku dayak kepada jubata (tuhan).
di daerah saya biasanya diadakan menurut tanggalnya walaupun sistim penanggalan itu tidak diketahui di lihat dari mana tetapi mereka setiap tahun memakai tanggal yang sama.
acara ini biasanya dilaksanakan dengan tanggal berbeda di setiap kampungnya dan masyarakat yang merayakan akan mengundang seluruh warga untuk datang kerumah mereka walaupun orang yang tidak dikenal sekalipun akan tetap diundang disini kita dapat melihat betapa ramahnya suku dayak. hidangan kue khas dayak pun
banyak ditemukan bila acara tahun baru padi ini dilakukan. bagi warga yang belum memanen ladangnya tetapi hari acara besoknya akan dilaukan mereka akan meminjam beras dari para tetangga yang sudah dipanen menyiapkan beras untuk acara, jika kita sudah masuk kedalam rumah warga kita harus makan nasi dan lauk yang sudah dihidangkan jika tidak makan kita akan dianggap tidak sopan. walah.... bayangkan kalau yang kita masuki 10 rumah bisa kekenyangan kita ditambah lagi setiap rumah akan memberi oleh-oleh minimal 2 ruas lemang hahahaha.....

acara yang dilakukan rutin ini tetap dipertahankan oleh suku dayak karena mengandung nilai yang sanggat baik bagi suku dayak agar tetap bisa saling bergotong royong, bahu membahu, dan saling peduli. saya sanggat bangga kepada suku saya yang masih tetap melestarikan adatnya walaupun dianggap suku yang bodoh oleh beberapa orang, tetapi dibalik kebodohan kami terdapat hal yang tidak bisa dilakukan orang pintar yang tidak mencinta daerah atau sukunya dan juga tidak suka bekerja sama. yaitu saling bekerja sama juga saling mengasihi.
nah... padi yang di pakai untuk acara biasanya di ambil hanya 1/4 nya saja sedangkan selebihnya di taruh didalam dangau (rumah kecil) yang bertujuan agar semangat padi tidak hilan dan akan selalu masuk kembali ke dalam padi yang akan baru ditanam dan membuat panen padi selalu berlimpah.

0 comments:

Post a Comment