Wednesday, April 11, 2012

Khasiat rebung si tunas bambu

Rebung atau dendrocalamus asper adalah tunas muda tanaman bambu yang muncul di permukaan dasar rumpun bambu. Rebung dapat dikonsumsi oleh karena itu rebung digolongkan dalam sayuran. Pemanenan rebung dapat dilakukan sepanjang tahun tetapi panen raya terjadi di musim penghujan yaitu bulan desember-februari rebung dipanen saat sudah mencapai tinggi 20 cm dari dasar tanah dan berdiameter sekitar 7 cm. jika tidak segera dipanen maka rebung akan tumbuh menjadi bambu lengkap. Rebung yang biasa diambil adalah rebung yang tidak bisa tumbuh besar karena tidak semua tunas bambu ini bisa tumbuh besar menjadi rumpun bambu. Namun jika tidak ada rebung yang tidak dapat tumbuh besar maka yang dapat tumbuh pun bisa diambil sebagai sayur. Pengambilan rebung dari rumpun bambu tidaklah sulit bisa menggunakan pisau besar, sabit, atau menggunakan tangan dan kaki. Rebung diambil dari bagian pangkalnya bisa dipotong atau di tendang menggunakan kaki jika tidak ada pisau besar maupun sabit. Setelah di ambil dari rumpun bambu kemudian rebung dikupas namun anda harus hati-hati terhadap miang (glugut) rebung yang bisa menyebabkan gatal dan susah untuk di lepaskan jika terkena kulit. Setelah dikupas kemudian dipotong
kecil-kecil menurut selera di pasaran rebung dijual dalam 2 bentuk yaitu bentuk utuh dan yang sudah diiris tipis-tipis.. Jenis bambu memang cukup banyak namun ada beberapa yang rebungnya yang tidak bisa dimakan karena pahit rasanya, rebung yang bisa dibuat makanan adalah rebung kuning, rampal/suling, ater, dan ori. tidak lupa rebung yang paling enak dan favorit saya yaitu rebung betung. Katanya rebung berguna buat kesehatan apakah benar ? Tentu saya rebung berguna untuk kesehatan rebung kaya akan kalium karena senyawa didalam rebung mentah adalah 91 % air.


Disamping itu rebung mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin a, thiamin, riboflavin, vitamin c, serta mineral lain sepeti kalsium, fosfor, besi, dan kalium. Bila dibandingkan dengan sayuran lain rebung memiliki kandungan protein, lemak dan karbohidrat tidak berbeda jauh. Rebung memiliki kandungankalium cukup tinggi. Kadar kalium per 100 gr rebung adalah 533mg. makanan yang sarat kalium yaitu minimal 400 mg, dapat mengurangi resiko stroke. Peran kalium mirip dengan natrium, yaiu sama-sama dengan klorida, menjaga tekanan osmotic dalam cairan intra seluler dan sebagian terikat dengan protein. Kalium juga membantu mengaktivasireaksi enzim. Gejala kekurangan kalium biasanya berupa pelunakan otot. Selain kalium rebung kaya juga akan serat kandungan serat dapat dilihat pada daftar dibawah ini  :


1. rebung 2,56 %
2. pecay 1,58 %
3. Kecambah kedelai 1,27 %
4. Sawi 1,01 %
5. ketimun 0,61 %

 Serat sangggat dibutuhkan tubuh terlebih dibagian usus kurang nya serat akan menyebabkan penyakit diantaranya penyumbatan pembulih darah, koroner, diabetes mellitus, hiperkolesterolemia,hipertensi, kelebihan lemak dan kanker kolon (usus besar). Selain dijual dalam bentuk utuh atau irisan dan berkhasiat buat kesehatan rebung juga dapat dijadikan acar, asinan, tepung, cuka, dan keripik . rebung digunakan juga dalam isian lumpia semarang, oseng-oseng khas probolingo serta gulai santan. Jika anda suka memakan makanan diatas tidak asing lagi dengan rasa rebung iya kan ??

0 comments:

Post a Comment