Sunday, April 29, 2012

tahukah anda buah apakah ini ?

frez7 blog- begitu banyak buah yang terdapat dibumi ini ada yang hidup dengan menggunakan biji dan bibit juga ada yang hidup dengan liar. kali ini saya akan memperlihatkan beberapa tanaman yang mungkin anda ketahui dan memiliki nama berbeda di daerah anda.

1. langkodok
langkodok adalah tanaman liar yang pertama bunganya bewarna pink dan buahnya berwarna hitam dan menyerupai berry.
langkodok
dan semua bagian tanaman ini hampir semua berguna diantaranya daun nya dapat digunakan untuk bumbu masakan. batang mudanya yang asam dipercaya dapat menyembuhkan sakit perut tapi belum ada penelitian yang membuktikan, sedangkan buahnya yang sudah matang bisa untuk dimakan. buahnya berwarna hitam ketika sudah matang dan berwarna pink jika masih mentah, buahnya dibungkus oleh kulit buah jika buahnya sudah matang akan merekah dan menonjol. jika kita melihat buahnya yang menonjol kita pasti akan bernafsu menyantapnya.

buah langkodok bisa dimakan namun akan meninggalkan warna di lidah dan menyebabkan lidah berwarna ungu. ada mitos yang menyatakan bahwa jika kita baru saja memakan buah langkodok jangan sekali-kali memekan telur maka anda akan mabuk tapi saya tidak tau apahah benar atau hoak..
nah apakah didaerah anda memiliki buah yang seperti ini ???

2. Entokop
entokop adalah buah liar yang selanjutnya buah ini dapat disebut dengan markisa kecil namun buah entokop ini lebih manis dibandingkan markisa.
entokop
hampir semua bagian dari entokop menyerupai markisa dari daun, buah,batang,bunga, dan bagian penutup buah. tetapi buah engkotop akan berubah warna menjadi oranye mengkilap jika sudah matang.
anda pasti ingin memekan buah ini jika melihat bentuknya dan warnanya yang menarik, rasanya pun manis tapi isinya hanya sedikit karena ukuran nya yang mini.
bagaimana apakah didaerah anda ada buah yang separti ini dan apa namanya ???

3. satukut
buah liar yang terakhir ini diberikan nama oleh saya dan teman-teman karena tidak tau ini buah apa tapi rasanya manis, kecut dan berbiji seperti selasih.
buah satukut
bentuk batangnya seperti buah sawit tetapi tidak memiliki duri dan daunnya seperti daun kelapa yang masih muda dan belum terbelah. dan disekitar buah terdapat lendir-lendir tetapi buah ini tetap aman dikonsumsi malahan rasanya sanggat manis.
kami memberi kan nama buah ini satukut karena buahnya hanya mendiami satu pangkal dan disetiap pangkal akan disisipi beberapa buah yang bisa dimakan (oleh karena itu kami berinama satukut atau satu pangkal  buah nya ikut).
nah apakah di daerah anda ada buah seperti ini dan apakah namanya ??


0 comments:

Post a Comment