Thursday, November 7, 2013

Jual beli bisnis ala dropshipping


Dropshipping adalah metode pengiriman produk di mana penjual (pengecer) menerima pembayaran
Apakah Drop Shipping itu?
 untuk pesanan, tetapi pelanggan menerima produk langsung dari produsen. Di dalam pengaturan Dropshipping, pengecer bertindak sebagai perantara antara produsen dan pelanggan. Keuntungan yang diperoleh dalam transaksi ini adalah perbedaan antara harga grosir dan harga eceran dari item yang dijual.

Dropshipping sangat bermanfaat bagi toko-toko eceran yang lebih kecil, internet-hanya perantara antara toko-toko dan orang-orang yang terutama menggunakan katalog untuk penjualan. Para pelanggan ini tidak selalu harus keluar untuk membayar produknya, sehingga sedikit penundaan antara pemesanan dan pengiriman bukan menjadi kelemahan. Produk yang mewakili dapat ditampilkan pada toko atau digambarkan dalam katalog, namun produk yang dibeli sebenarnya mungkin berada di sebuah gudang pabrik 3.000 mil jauhnya.
Salah satu masalah terbesar Dropshiping untuk pengecer adalah pengendalian persediaan. Dalam pengaturan toko ritel tradisional, produk yang dipesan dalam jumlah besar dari pabrik dan harus disimpan dalam daerah yang aman sampai ditampilkan. Ini berarti menjaga area tempat penyimpanan yang layak, mempekerjakan karyawan untuk menangani jumlah dan berinvestasi dalam langkah-langkah keamanan untuk mencegah pencurian. Dengan Dropshipping, pengecer tidak menyimpan persediaan yang besar di tempat. Lebih banyak ruang dapat ditujukan untuk menampilkan, dan lebih sedikit karyawan harus dipekerjakan untuk menangani pengiriman, penerimaan, inventarisasi dan keamanan.
Banyak produsen juga merangkul ide Dropshipping, karena pada dasarnya pengecer menjadi penjual tambahan. Pengiriman pembelian dalam jumlah besar atau ukuran besar bagi pengecer bisa menghemat biaya pengepakan dan bahan bakar. Dengan Dropshipping, pabrik dapat mengunakan metode pengiriman yang murah (UPS, FedEx, Perusahaan Pengiriman Lokal) untuk mengirimkan produk langsung kepada pelanggan. Produsen juga memiliki lebih banyak area gudang yang aman daripada kebanyakan pengecer, sehingga produk mereka tetap aman sampai terjual.
Ada beberapa kelemahan menggunakan sistem Dropshipping, namun beberapa pabrik tidak akan memungkinkan untuk Dropshipping sama sekali. Personil harus ditugaskan untuk memproses dan mengirimkan perintah individu ini, yang berarti sistem utama pengiriman dan penerimaan dapat menjadi lebih sempit. Beberapa perusahaan hanya berurusan dengan pesanan dalam jumlah besar ke pengecer besar, sehingga mustahil bagi outlet yang lebih kecil untuk memesan hanya dalam beberapa produk saja. Pelanggan mungkin harus mengasumsikan biaya pengiriman serta harga eceran, yang dapat menjadi penghalang dalam kasus produk yang besar seperti perabot atau elektronik berkelas.
Ketika dropshipping tersedia, banyak para pengecer kecil dan toko virtual diinternet menemukannya, memecahkan lebih banyak masalah daripada menciptakan. Pengiriman diserahkan kepada para profesional, hampir tidak ada persediaan untuk melacak dan lebih banyak ruang ritel tersedia. Toko yang lebih kecil dapat menawarkan eksotik produk ataupun produk dengan ukuran besar tanpa khawatir tentang biaya impor atau biaya penyimpanan yang mahal. Produsen juga memperoleh manfaat dari pengurangan biaya pengiriman dan lebih banyak penjualan dari produk mereka.

Sumber: http://www.drop-ship.net

0 comments:

Post a Comment